28.2 C
Jakarta
Sabtu, April 27, 2024

Prabowo Tempati Urutan Pertama dalam Simulasi Pemilihan Presiden 2024

Prabowo tempati urutan pertama dalam riset LSJ

xpresiku.com – Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra dan calon presiden 2024 kini menempati peringkat pertama dan meraih angka 26,9 persen dalam simulasi cepat Pilpres 2024. “26,9 persen responden secara spontan memilih Prabowo ketika LSJ menyebar pertanyaan siapakah tokoh yang layak menggantikan Jokowi,” ungkap Direktur Lembaga Survei Jakarta (LSJ) Fetra Ardianto pada hari Kamis (25/5/2023). “Prabowo Subianto dipersepsikan oleh 27,5 persen sebagai sosok pemberani dan mementingkan kepentingan rakyat. Dengan kata lain, Prabowo memenuhi kriteria presiden yang diinginkan Jokowi,” ungkap Fetra.

“Prabowo unggul absolut dan mengalahkan kompetitor lainnya. Penyebabnya adalah karena Prabowo dipandang sebagai sosok yang berani, strong leader, dan dan mampu mempersatukan bangsa,” kata Fetra.

Pada urutan kedua Ganjar Pranowo mendapatkan 18,8 persen sedangkan Anies menempati urutan ketiga dengan perolehan angka 15,3 persen. LSJ mendapatkan angka 14,1 persen masyarakat yang belum menentukan pilihannya dalam simulasi tersebut. LSJ menggelar survei ini pada tanggal 9-17 Mei 2023 di 34 provinsi. Penduduk yang boleh mengikuti survei ini minimal berusia 17 tahun dan telah memiliki hak pilih.

LSJ menggunakan sampel sebanyak 1200 responden melalui teknik pencuplikan secara acak. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara melalui telepon dengan menggunakan pedoman kuesioner. Responden terdistribusi sebesar 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan. Di samping itu juga 60 persen tinggal di pedesaan dan 40 persen di daerah perkotaan. Hasilnya mengungkapkan bahwa Prabowo unggul menjadi top of mind public untuk menggantikan Jokowi.

Follow Dapatkan Update Terbaru di Google News

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles