25.2 C
Jakarta
Jumat, Maret 29, 2024

DPR RI Fraksi Demokrat dan PKS Minta Pembangunan IKN Nusantara Ditunda

DPR minta penundaan pembangunan IKNxpresiku.com – Sejumlah anggota DPR meminta pemerintah untuk menunda rencana perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menurut beberapa DPR RI, pemerintah seharusnya fokus untuk menjaga harga pangan sampai pembangunan infrastruktur pertanian.

Dalam rapat paripurna ke-24 Masa Sidang V Tahun Sidang 2022-2023, Rizki Aulia Rahman Natakusumah selaku juru bicara Partai Demokrat mengatakan bahwa belanja negara sebaiknya fokus kepada kegiatan yang memiliki dampak ganda pada masyarakat. “Fraksi Demokrat meminta pemerintah untuk menggunakan dana belanja negara yang sifatnya memiliki multiplier effect. Nantinya anggara yang sifatnya non prioritas seperti IKN Nusantara bisa ditunda,” ujar Rizki Aulia di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada hari Selasa (23/5/2023).

Dari pihak Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga meminta untuk menunda pemindahan IKN. Anggota DPR RI Fraksi PKS yaitu Andi Akmal Pasluddin mengatakan bahwa pembangunan IKN bukan hal yang urgent. “Fraksi PKS memiliki pandangan bahwa pemerintah lebih baik menunda pemindahan. Negara dapat fokus pada pemulihan daya beli masyarakat, peningkatan infrastruktur pertanian, belanja yang berkeadilan, dan peningkatan kesejahteraan,” ungkapnya.

Dalam dokumen KEM PPKF 2023 pemerintah menyatakan bahwa pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur akan menjadi salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Pemerintah telah menargetkan pertumbuhan mencapai 5,3% hingga 5,7% pada tahun 2023. Pembangunan tersebut menjadi salah satu upaya pemerintah untuk mendorong terwujudnya pemerataan ekonomi ke seluruh wilayah NKRI.

Follow Dapatkan Update Terbaru di Google News

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles