26.9 C
Jakarta
Kamis, April 25, 2024

Ponsel Android dan iOS Jadi Alat Pengumpul Informasi Melalui Aplikasi

xpresiku.com – Ponsel pintar saat ini menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap orang. Bukan hanya sebagai sarana komunikasi saja melainkan sebagai perangkat yang menyediakan begitu banyak hiburan bahkan untuk bersosial melalui jejaring internet yang terkoneksi. Namun sebagian orang tidak menyadari bahwa perangkat yang mereka gunakan baik Android dan iOS bisa dijadikan sebuah alat pengumpul informasi bagi beberapa kalangan.

Betapa tidak, kini ponsel pintar sudah dilengkapi banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk media pengumpulan tersebut. Mulai dari perekam suara, alat pendengar, kamera dan pelacak lokasi ada dalam ponsel pintar tersebut. Perusahaan keamanan cyber, Symantec Corporation menyatakan bahwa ponsel pintar bisa saja menjadi sebuah alat pelacak terhebat yang pernah dibuat.

Menurut Symantec Corporation banyak aplikasi ponsel pintar yang meminta ijin pelacakan lokasi saat menjalankannya. Bahkan tidak jarang juga yang meminta hak akses untuk kamera dan dan fitur lain dalam ponsel pintar. Untuk itu, Symantec Corporation menghimbau para pemegang ponsel pintar untuk sadar jika ingin membagikan privasi mereka melalui perangkat tersebut.

“Ponsel pintar sudah menjadi sebuah target oleh banyak negara sebagai perangkat pengumpul informasi dan data, dan tidak jarang juga orang-orang menjadikan ponsel pintar untuk mengumpulkan data-data dan informasi pengguna untuk kepentingan pribadi. Untuk itu perlu sebuah kesadaran dari pengguna untuk menjaga privasi mereka.” kata Director of Systems Engineering untuk wilayah ASEAN di Symantec, Halim Santoso di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Follow Dapatkan Update Terbaru di Google News

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles